
Makassar, 24 Juni 2025 — Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan agenda Evaluasi Studi Mahasiswa pada hari ini, bertempat di Ruang Rapat Senat FIB. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta mengevaluasi capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) di lingkungan FIB.
FGD dibuka secara resmi oleh Dekan FIB, Prof. Dr. Andi Muhammad Akhmar, M.Hum, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya peran aktif seluruh unit dalam memantau dan mengevaluasi kemajuan studi mahasiswa, khususnya mereka yang belum menyelesaikan studi tepat waktu.
“Melalui forum ini, kita harapkan dapat merumuskan solusi yang konkret dan berkelanjutan agar mahasiswa dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan waktu yang ditargetkan, sekaligus mendorong pencapaian indikator kinerja utama fakultas secara optimal,” ujar Prof. Andi Muhammad Akhmar.
FGD ini menghadirkan narasumber utama, Dr. Hendra, S.Si., M.Kom, yang memaparkan materi terkait strategi Monitoring dan Evaluasi (Monev) mahasiswa, serta pendekatan berbasis data dalam mengevaluasi capaian IKU. Dalam paparannya, Dr. Hendra menekankan pentingnya sinergi antara pimpinan fakultas, departemen, dan pengelola akademik untuk membangun sistem evaluasi yang efektif dan adaptif terhadap perubahan.
Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah peserta, antara lain:
1. Para Wakil Dekan
2. Ketua Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi (GPM-PR)
3. Para Ketua Departemen/Program Studi jenjang S1, S2, dan S3
4. Kepala Bagian Tata Usaha
5. Para Kepala Sub Bagian
6. Para Kepala Sekretariat Departemen/Program Studi S1
7. Pengelola Pascasarjana
Diskusi berlangsung aktif dengan berbagai masukan dari peserta terkait hambatan yang dihadapi mahasiswa, efektivitas sistem pembinaan akademik, serta perlunya integrasi data akademik lintas unit untuk mendukung pengambilan kebijakan berbasis evidensi. Dengan adanya FGD ini, Fakultas Ilmu Budaya berharap dapat memperkuat koordinasi internal serta merumuskan langkah-langkah strategis guna meningkatkan mutu tata kelola akademik dan kinerja institusi secara keseluruhan.



