ABSTRAK
<br>Muhammad Zul Iman, “Perancangan Materi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Tematik Berbasis Media Flash” dibimbing oleh Yusring Sanusi Baso dan Haeruddin.
<br>Sebagian besar siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum mengalami kesulitan dalam belajar bahasa, terutama bahasa arab yang merupukan bahasa al-Qur’an, sehingga juga merupakan bahasa utama bagi masyarakat muslim.
<br>Dengan perkembangan zaman yang mana saat ini setiap orang sering menggunkan sarana komputer yang berkembang pesat baik dalam bidang software maupun hardware sebagai alat bantu untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Perkembangan tersebut sudah mencapai tahap dimana dapat dibangun sebuah sistem pembelajaran berbasis multimedia. Dengan demikian dapat dan akan sangat membantu dalam mempelajari dan memahami materi.
<br>Skripsi ini membahas perancangan materi pembelajaran kosakata bahasa arab menggunakan program adobe flash actionscript 2.0, teknik-teknik penyajian materi kosakata bahasa arab tematik menggunakan media flash serta cara pengoperasiannya.
<br>Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Merancang aplikasi dengan materi pembelajaran kosakata bahasa arab tematik yang dapat memberikan kemudahan dan menarik minat siswa dalam mempelajari materi sehingga siswa lebih mudah untuk memahaminya; (2) Mendeskripsikan tahap-tahap operasional pembelajaran materi kosakata bahasa arab tematik berbasis flash; (3) Mendeskripsikan penguasaan siswa/pengguna terhadap materi kosakata yang disampaikan; (3) Bagi para pengajar tentunya pembelajaran berbantuan komputer berbasis multimedia ini juga membantu dalam menyampaikan materi agar lebih mudah dan tepat sasaran.
<br>Penelitian ini, peneliti menggunakan metode pustaka dalam menyusun skripsi. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang mengacu pada 5 tahap yaitu, analysis (analisis), design(perancangan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan evaluation (evaluasi).
<br>Aplikasi ini dapat membuat belajar kosakata bahasa arab menjadi lebih mudah dan lebih menarik, dan bisa digunakan sebagai media penunjang atau kombinasi terhadap sistem pembelajaran yang lain yang mungkin selama ini digunakan.
<br><br>DAFTAR PUSTAKA
<br>Agustina dan Femilia.Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Matematika Kelas X (Sepuluh) Berbasis Multimedia. Jurnal, Program Studi Teknik Informatika.
<br>Al-Khûly, Muhammad Ali.1989. Asâlîb Tadrîs al-Lughah al-’Arabiyyah.Riyadl: Dâr al-Ulûm.
<br>Anonim. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Pusat Bahasa Pendidikan Nasional
<br>Asifuddin, Ahmad Djanan. 2008. Workshop Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. (http://www.umy.ac.id/berita, diakses tanggal 11 Mei).
<br>Aththibby, Arif Rahman. 2010. “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Komputer untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Hukum-hukum Newton TentangGerak”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
<br>Awaliatul Laili, Nurul Fitriyah. 2008. “Efektifitas Penggunaan Mufradat dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Putri Ibnul Qayyim Yogyakarta”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Yogyakarta.
<br>Dimyati, 1999.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Rineka Cipta.
<br>Distriyanto, Agung. 2012. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Ilmu Komputer Dan Pengantar Teknologi Informasi Komunikasi Di Sd Negeri Jetak 2 Sragen Dengan Macromedia Flash. Yogyakarta:Sekolah tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom.
<br>Djiwandono, M.Soenardi. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB.
<br>Effendy, A. Fuad, 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang:Misykat.
<br>Erlandi, Valian. Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 SD Berbasis Multimedia.Jurnal. Yogyakarta:Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta.
<br>Fatma Dewi, Ghea Putri. 2012. “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sd Berbasis Macromedia Flash”. Skripsi, Fakultas Teknik Universitas Negeri, Yogyakarta.
Haeruddin. 2005. KONSEPPOLITIK DALAM AL-QUR’AN. Nady Al-Adab 3 (2), 58-65
<br>Irsyadi, Muchammad Alif. 2011. Perancangan dan Implementasi Aplikasi Pembelajaran Pepak Bahasa Jawa Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Flash. Jawa Timur: Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional Veteran.
<br>Kridalaksana, Harimurti. 1983. Kamus Linguistik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama,
<br>Lestari, Widyanti Anggita.Aplikasi Pembelajaran Tingkat DasarBerbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash 8, Jurnal. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitass Negri Yogyakarta.
<br>Malibary, A. Akrom dkk. 1976. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada Pendidikan Tinggi Agama Islam IAIN .yogyakarta::Dep.Agama RI.
<br>Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Cet.ke-5. Jakarta: Ghalia Indonesia.
<br>Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul J. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
<br>Purwanto, M. Ngalim, dan Djeniah Alim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia.Jakarta: Rosdakarya.
<br>Rozani, Muhammad Faza. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa arab Berbasis Multimedia”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Yogyakarta.
<br>Suharno. 2008. Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. (http://nanoazza.wordpress.com/2008/07/03/pembelajaran-kosakata-bahasa-arab/#sdfootnote3sym), (diakses tanggal 15 April 2013)
<br>Suyanto, M.2005. Multimedia. Yogyakarta:Andi.
<br>Suwarna, Pringgawidigda. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta:Adicita.
<br>Tarigan,Henri Guntur. 1986. Pengajaran Kosa Kata. Bandung:Angkasa.
<br>Tha’imah, Rusydy A.Al-Marja’ fî Ta’lîm al-Lughah al-’Arabiyyah li al-Nâthiqîn bi Lughâtin Ukhra, Jâmi’ah Ummu al-Qurâ, Ma’had al-Lughah al-’Arabiyyah, Wahdat al-Buhûts wa al-Manâhij, (Silsilah Dirâsât fi Ta’lîm al-’Arabiyyah, juz II, hlm. 616-617). (http://nanoazza.wordpress.com/2008/07/)